BADAN KOORDINASI SERTIFIKASI PROFESI
SUMATERA UTARA
 membangun infrastruktur kompetensi

Ketua BKSPSUKATA SAMBUTAN

Ketua BKSP Sumatera Utara

Isfan Fachruddin

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Provinsi Sumatera Utara adalah organisasi non struktural bersifat independen yang bertanggungjawab atas koordinasi penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Provinsi di Sumatera Utara yang ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Utara.

BKSP dipandang dapat menjadi lembaga Koordinasi yang menjembatani Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan serta menjembatani BNSP dengan stakeholders di tingkat daerah Provinsi dalam pelaksanaan sosialisasi dan koordinasi proses Sertifikasi kompetensi pekerja dengan prosedur yang benar.

Rendahnya mutu SDM Indonesia salah satunya ditandai dengan belum siapnya sistem manajemen sertifikasi profesi yang mensyaratkan pembenahan dan peningkatan kompetensi pekerja Indonesia. Mengingat komitmen yang telah disepakati Indonesia dalam forum global seperti GATT, AFTA, ataupun WTO, hal ini seharusnya menyadarkan semua pihak akan pentingnya sertifikasi kompetensi SDM dengan meninggalkan kepetingan-kepentingan antar departemen, lembaga dan kelompok sehingga berkolaborasi menjadi satu untuk kepentingan bangsa guna peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia.

Mengingat ketertinggalan Indonesia dengan negara ASEAN, apalagi mengingat potensi dan manfaat sertifikasi profesi yang begitu besar dan belum dimanfaatkan, hal ini telah menjadi keprihatinan kita bersama di Sumatera Utara, yang kemudian melahirkan gagasan untuk memperkuat Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) khususnya di Sumatera Utara, guna mempercepat sosialisasi kompetensi untuk menjawab tantangan rendahnya mutu SDM Indonesia.

Keberadaan BKSP sangat strategis untuk sosialisasi mengejar ketertinggalan kualitas kompetensi calon tenaga kerja Indonesia di pasar global. Penerapan sertifikasi uji kompetensi  ini, sangatlah relevan dengan kondisi yang ada saat ini dan paradigma ke depan. Sebab, warga masyarakat menghadapi persaingan yang semakin ketat di era globalisasi. Inovasi teknologi serta SDM yang kompeten dan profesional adalah pilar-pilar peningkatan produktivitas dan kualitas, baik secara nasional maupun internasional.

BKSP Sumatera Utara telah mengambil inisiatif untuk senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kamar Dagang dan Industri, Asosiasi dunia usaha dan pihak-pihak terkait lainnya dalam mewujudkan SDM yang kompeten dan berdaya saing di Sumatera Utara.

Diharapkan langkah ini dapat menciptakan komitmen bersama BKSP dengan Pemerintah, Dunia Usaha dan Pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kekuatan daya saing SDM nasional dan internasional. Dalam kesempatan ini kami mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama dalam mewujudkan SDM yang kompeten dan berdaya saing.

 

Sekian dan Terimakasih

Wassalamualaikum Wr. Wb