BADAN KOORDINASI SERTIFIKASI PROFESI
SUMATERA UTARA
 membangun infrastruktur kompetensi

20130629 172843Medan, Forum Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) se-Indonesia mengadakan pertemuan di Semarang pada 28-29 Juni 2013 sekaligus seminar; "Penguatan Regulasi Pembentukan dan Operasional BKSP dan Workshop Penyusunan Rencana Strategis BKSP".

Direktur Eksekutif Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara (Kadinsu), Hendra Utama kepada Analisa setiba di Medan, Minggu (30/6) mengungkapkan, pada pertemuan itu terungkap 2014 adalah tahun darurat sertifikasi kompetensi profesi.

Karena akan menghadapi pemberlakuan perjanjian masyarakat ekonomi ASEAN 2015 (AEC), di mana pasar tenaga kerja akan terbuka lebar bagi seluruh negara negara ASEAN.

Disebutkan, Hertoto Basuki selaku ketua forum mengingatkan negara-negara ASEAN seperti Thailand telah mempersiapkan pekerjanya untuk masuk ke negara ASEAN lainnya, termasuk Indonesia yang merupakan pasar tenaga kerja terbesar keempat di dunia.

 

Direktur Eksekutif Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara (Kadinsu), Hendra Utama kepada Analisa setiba di Medan, Minggu (30/6) mengungkapkan, pada pertemuan itu terungkap 2014 adalah tahun darurat sertifikasi kompetensi profesi.

"Di Thailand, sejak lama sudah banyak dibuka kursus bahasa Indonesi. Begitulah seriusnya persiapan mereka," ungkap Basuki yang juga merupakan Ketua BKSP Jawa Tengah itu, ditirukan Hendra Utama.

Hendra Utama dan Azwir Agus yang menjadi delegasi BKSP Sumut pada pertemuan tersebut, juga mengakui belum siapnya tenaga kerja lokal untuk berkompetisi dengan pekerja asing.

Hal itu, katanya, dikarenakan sebagian besar pihak terkait masih terkesan tertidur dan belum sadar sudah dekatnya tahun 2015.

Sementara pemerintah daerah tidak maksimal melakukan sosialisasi untuk mempersiapkan infrastruktur menghadapi persaingan global tersebut. Terkhusus tentang pentingnya sertifikasi kompetensi tenaga kerja.

Lakukan Kerjasama

Dikatakan, saat ini BKSP Sumut telah melakukan kerjasama dengan Kadin Konstanz Jerman-IHK untuk mensosialisasikan pentingnya pemahaman tentang Competency Based Training (CBT) kepada perusahaan dan berbagai stakeholders. Kemudian mempercepat pembentukan lembaga sertifikasi profesi di Sumut.

"Semua pihak perlu mensosialisasikan 2014 sebagai tahun darurat sertifikasi kompetensi profesi" tegas Hendra Utama. Untuk itu, BKSP Sumut mengundang seluruh asssesor maupun Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ada agar bersama-sama dengan perusahaan pengguna tenaga kerja profesi melakukan percepatan sertifikasi kompetensi para tenaga kerja dan calon tenaga kerja di daerah ini.

Dengan demikian, nanti para pekerja lokal mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara- negara ASEAN yang sudah mulai masuk ke Indonesia.

"Saat ini sudah banyak perusahaan asing go publik di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara. Untuk itu, jangan pula pekerjanya nanti juga diisi dengan tenaga kerja asing" ungkapnya.

 

Login Form

Kalender kegiatan

◄◄
►►
Maret 2019
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Mitra Kerjasama